Tuesday, 7 August 2018

Perkebunan di Desa Taddan


Desa Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang memiliki perkebunan yang cukup luas. Perkebunan yang luas dan indah terdapat salah satu komoditas yang cukup menjanjikan. Komoditas tersebut adalah perkebunan Lombok atau cabe-cabean. 



Lombok atau cabe itu merupakan  salah satu bahan masakan yang sangat digemari masyarakat dan menjadi primadona jika akan memasak suatu masakan. Mengapa menjadi primadona ? Karena lombok sendiri dapat dipadukan dengan masakan yang beraneka ragam. Kandungan yang terdapat pada lombok tidak lain yaitu vitamin C, vitamin A, magnesium serta zat besi. Masyarakat Desa Taddan merawat dari yang awalnya bibit hingga menghasilkan lombok yang diinginkan. Lombok yang terdapat di Desa Taddan adalah lombok hijau. Berdasarkan keterangan dari pihak yang merawat kebun lombok tersebut yaitu lombok yang sudah siap panen dan akan dijual. Biasanya lombok hijau dijual dengan harga Rp. 30.000 untuk perkilonya. 


Selain lombok, terdapat juga perkebunan tembakau. Tanaman yang memiliki nama lain yaitu Nicotiana Tabacum ini adalah bahan baku dari pembuatan rokok. Di Indonesia, pemasukan dari pajak rokok merupakan pemasukan yang paling besar. Tetapi, sudah jadi pikiran orang Indonesia bahwa rokok bisa menyebabkan kanker. Namun tanaman tembakau sendiri sebenarnya memiliki beberapa manfaat. Seperti contohnya, hasilkan protein anti kanker, obat diabetes dan antibodi, obat HIV/AIDS dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment