Sunday, 5 August 2018

Mata Pencaharian Unik Desa Taddan

Taddan, Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang merupakan salah satu desa pesisir yang memiliki potensi hasil laut yang beraneka ragam. Sebagian masyarakat memiliki profesi sebagai nelayan dan mayoritas bermata pencaharian sebagai petani di sawah. Menjadi seorang nelayan
tentunya bergantung dari keadaan cuaca di laut. Jika dirasa keadaan di laut tidak mendukung, maka masyarakat Desa Taddan memilih untuk tidak bekerja. Namun, terdapat sisi menarik disamping profesi masyarakat di Desa Taddan tersebut, yaitu kebiasaan masyarakat mencari kerang ketika air laut dalam keadaan surut yang biasanya terjadi ketika sore hari. 

Surutnya air laut menjadi salah satu rezeki tersendiri bagi masyarakat Desa Taddan. Hanya bermodal ember dan ketelatenan, masyarakat sudah bisa membawa pulang lalu menikmati kerang sebagai protein hewani yang lezat. Hal tersebut bisa dinikmati hampir setiap hari oleh kebanyakan masyarakat Desa Taddan tanpa mengenal keadaan cuaca ekstrim ataupun tidak. Karena tanpa disadari surutnya air laut hampi. (NOZ)

No comments:

Post a Comment